Manusia dan kegelisahan

Standar
  • Pengertian kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidaksabar, dan cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kwatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahanhanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Kegelisahan merupakansalah satu ekspresi kecemasan.

Kegelisahan adalah suatu rasa dimana seseorang merasa khawatir atau tidak tenang terhadap apapun. Semisal mahasiswa gelisah karena tidak belajar. Atau orang tua yang gelisah dikarenakan anaknya yang tak kunjung pulang. Menurut saya, biasanya ketika merasa gelisah, detak jantung berdetak cukup cepat. Tetapi ketika kegelisahan itu hilang, rasanya lega dan bebas. Ketika kegelisahan itu datang, pertama-tama, kita buat hati kita tenang dan damai. Lalu kita berpikir yang optimis saja. Maka berangsur-angsur kegelisahan itu akan hilang.

 

  • Sumber kegelisahan.

Biasanya seseorang akan mengalami suatu perasaan gelisah bila sedang cemas akan seseorang atau suatu hal yang akan membuat atau menimbulkan masalah bagi dirinya,dehingga dia akan meras takut dan gelisah akan masalah yang dihadapinya.

Beberapa sumber kegelisahan antara lain:

  • Gelisah terhadap dosa-dosa dan pelanggaran ( yang telah dilakukan )

saat seorang manusia sadar apa yang dia lakukan adalah salah, maka rasa kegelisahan itu akan muncul, karena dosa atau perbuatan yang dilakukannya akankah termaafkan?

  • Gelisah terhadap hasil kerja ( tidak memenuhi kepuasan spiritual)

Tentu saat kita membuat suatu pekerjaan dengan sungguh sungguh kita mengharapkan hasul yang baik pula dari kerja keras kita. Tetapi hidup tak seperti yang kita inginkan karna itulah hidup. Tentu kita akan merasa gelisah pada hasil dari pekerjaan yang sudah susah payah dilakuakan.

  • Takut akan kehilangan milik

Disini maksudnya saat seseorang memiliki sesuatu, misalnya orang yang disayang atau harta yang dimiliki. Maka kita akan menjaganya sebaik mungkin karena kita takut akan kehilangan sesuatu yang sudah milik kita.

  • Takut menghadapi keadaan masa depan ( yang tidak disukai )

Masalah tentu adalah hal yang tidak diinginkan dalam kehidupan, takut akan adanya masalah yang terjadi maka kalah sebelum berperang. Jangan terlalu gelisah pada hal yang belum anda coba tangani.

  • Makna keterasingan

Keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata itu dalah dari kata dasar terasing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti, tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atau terpencil. Jadi kata keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain. Penyebab orang berada dalam posisi terasingkan adalah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat atau kekurangan yang ada pada diri seseorang , sehingga ia dapat atau sulit menyesuaikan diridalam masyarakat.

  • Makna kesetiaan

 

kesetiaan adalah suatu ikatan yang di miliki seseorang saat dia merasa sudah menyatu dan tidak ingin merasa kehilangan orang yang disayangi atau dimilikinya, kesetiaan juga adalah tanggung jawabnya sebagai seseorang yang setia pada orang lain.

 

  • Makna ketidakpastian.

Ketidakpastian adalah sebutan yang digunakan dengan berbagai cara di sejumlah bidang, termasuk filosofi, fisika, statistika,ekonomika, keuangan, asuransi, psikologi, dodiologi,  teknik, dan ilmu pengetahuan informasi. Ketidakpastian berlaku pada perkiraan masa depan hingga pengukuran fisik yang sudah ada atau yang belum diketahui.

Contohnya, jika Anda tidak tahu apakah besok hujan, maka Anda mengalami ketidakpastian. Bila Anda menerapkan kemungkinan ini pada hasil memungkinkan yang menggunakan perkiraan cuaca atau penilaian kemungkinan terkalibrasi, Anda telah memperkirakan ketidakpastian.

 

 

Tinggalkan komentar